MAHASISWA BERPRESTASI TEKNIK INDUSTRI UAJ

HMTI UAJ telah mewawancarai beberapa mahasiswa berprestasi yang ada di Teknik Industri UAJ. Wawancara ini dilakukan oleh divisi Kemahasiswaan HMTI UAJ. Berikut artikel tentang mahasiswa berprestasi Teknik Industri UAJ!

1.      Shelinda
Shelinda merupakan mahasiswi Teknik Industri yang lolos Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dalam Bidang Minat Bakat dan Kepedulian Sosial. Alasan Shelinda mengikuti Mawapres dan memilih kategori Kepedulian Sosial karena sebelumnya Shelinda lolos menjadi juara 3 dalam projek pengembangan usaha UMKM yang diselenggarakan oleh Bank BTPN yang bekerja sama dengan Unika Atma Jaya. Sedangkan memilih kategori Minat Bakat karena sebelumnya pernah menang di beberapa lomba pemilihan duta daerah, ajang provinsi dan ajang nasional. Menurut Shelinda, cara agar mahasiswa/i tertarik ke mawapres adalah dengan melihat dan memilih kategori mana yang cocok dengan diri sendiri, selain itu juga melihat lagi dalam bidang apakah diri kita ini pernah mendapat prestasi. Dalam mengikuti pemilihan Mawapres ini pastinya ada rasa bangga yang dialami oleh Shelinda karena bisa lolos. Dan Shelinda memberi pesan kepada kita untuk ikut Mawapres yang perlu digali adalah kepercayaan diri yang tinggi, ikuti persyaratan yang dibutuhkan, serta nekat untuk memulainya.


2.      Fransiska Myrna Sani
Mahasiswi yang akrab disapa Myrna ini mengikuti Ajang Mawapres dalam bidang Ilmiah dan Kepedulian Sosial. Alasan Myrna mengikuti Mawapres di bidang Kepedulian Sosial karena sangat suka sekali dengan kegiatan sosial dan karena sedang menjalankan projek sosial. Tentunya di bidang Ilmiah karena adanya dukungan dari dosen untuk berbagi cerita mengenai ilmu yang telah didapat.
Tips agar bisa tertarik mengikuti Mawapres adalah dengan berkomunikasi dengan banyak orang di luar lingkungan pertemanannya sendiri, lebih banyak explore dan mencari hal baru. Didalam rangkaian acara Mawapres pastinya ada kebanggaan bagi diri sendiri, menurut Myrna tidak ada duka yang penting harus menjaga agar hal terburuk tidak terjadi kepadanya. Myrna berpesan kepada kita bahwa masa kuliah itu adalah masa nya coba-coba hal baru, masa dimana kalian bisa melakukan apapun yang disuka selama itu positif maka hasilnya pun juga positif.


3.      Maria A. Bramanlistyani
Tya panggilannya, merupakan mahasiswi yang mengikuti Mawapres bidang Kepedulian Sosial. Alasan Tya mengikuti bidang ini karena sebelumnya melakukan project yang berkaitan dengan kepedulian sosial dimana dalam project tersebut disarankan untuk membantu pemasaran (inovasi produk) dan membantu membuat pembukuan kepada salah satu keluarga yang memiliki usaha kecil. Di lain hal karena menurutnya dengan membantu masyarakat kecil maka dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap hal-hal disekitar kita. Tips dari Tya agar mahasiswa/i lainnya terarik dalam mengikuti Mawapres adalah jalani hal yang kita sukai di dunia perkuliahan, bukan hanya akademik saja melainkan non akademik pun, maka dengan begitu kita dapat membantu potensi yang ada dalam diri kita untuk ikut Mawapres. Tentunya ada suka duka yang dialami saat ikut Mawapres, salah satu suka nya adalah menemukan pengalaman baru yang menarik sehinggal bisa lebih menggali potensi diri sendiri. Ada juga duka yang dialami seperti punya saingan ormawa, dan kurangnya jumlah anggota kelompok yang menyebabkan tugas yang dikerjakan menjadi lebih banyak.
Pesan dan saran yang diberikan seperti kita diharuskan mengenali potensi diri sendiri dan jangan takut mencoba hal baru.



4.      Jason A. W.
Jason A. W. adalah mahasiswa Teknik Industri yang mengikuti kompetisi Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) dalam bidang Risetdikti. Alasan utama Jason mengikuti Mawapres dalam bidang itu adalah topik-topik yang diberikan bisa di gali semenarik mungkin. Menurutnya, belajar itu bukan hanya aktif di dalam kelas mendengarkan dosen berbicara, tetapi di luar kelas pun juga harus aktif. Lalu angkat topik yang menarik untuk diperbincangkan. Dengan cara seperti itu, maka kita pun dapat menilai diri kita sampai dibatas mana kita mampu belajar yang banyak dan baru dari lingkungan sekitar. Saat menjalani acara Mawapres ini pasti ada perasaan capek saat mengerjakan paper tetapi karena adanya dukungan dari teman dan keluarga oleh karena itu Jason bisa mengerjakannya dengan semangat dan tanggung jawab. Ada pesan dan saran untuk mahasiswa/i yang ingin mengikuti Mawapres adalah jangan takut dengan jurusan lain karena di Teknik Industri sendiri sudah terlatih untuk mengolah data dan membuat analisa. Hal itu yang memberikan nilai tambahan untuk project sehingga membuat kita pun sudah terbiasa.

 


5.      Antonius Hasian
Pria yang satu ini biasa dipanggil Hasian. Dia mendaftarkan diri dalam Ajang Mawapres dalam kategori bidang Kepedulian Sosial. Alasan Hasian tertarik dalam bidang ini adalah karena Hasian suka membantu sesama yang dibutuhkan dan ingin menerapkan ilmu yang didapat selama di perkuliahan. Tentunya untuk mengikuti ajang ini diperlukan motivasi atau suatu hal yang menjadi dasar dalam ketertarikan ini, kalau Hasian karena ingin menginspirasi banyak orang dengan apa yang sedang dikerjakan, maka dengan hal itu bisa membuat orang lain tertarik untuk membantu sesamanya. Pintar dalam membagi waktu adalah kunci utama dalam mengikuti sebuah ajang awards seperti ini maupun lomba. Karena pastinya akan mengganggu jam belajar saat kuliah, organisasi, dan kegiatan lainnya di luar kampus.

Selain itu bertemu teman-teman baru pun diluar Fakultas Teknik, serta menambah pengalaman baru khususnya membantu orang yang membutuhkan. Pesan dan saran dari Hasian untuk mahasiswa/i lainnya yang ingin mencoba hal baru adalah tetap menjadi diri sendiri saja, semangat dalam melakukan pekerjaannya, bekerja dengan hati dan percaya kalo niat orangnya jujur dan pastinya selalu berbuat baik maka akan ada jalan untuk lolos ke tahap berikutnya.




Komentar

  1. Luar biasa kakak2 Teknkk Industri , bisa dijadikan contoh untuk mahasiswa lainnya

    BalasHapus
  2. Pengen juga jadi mawapresss 😍😍

    BalasHapus
  3. Semoga selalu bisa mengharumkan nama Teknik Industri Atma Jaya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer