Indtention merupakan lomba inovasi terhadap suatu produk untuk menghasilkan produk yang berkelanjutan di tahun 2030 nanti. Lomba ini diadakan oleh universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berada di Serang, Banten. Tema yang diambil dalam kesempatain ini adalah mengenai SGDS yang merupakan singkatan dari Sustainable Development Goals, dan juga inovasi. Pendaftaran bagi para tim yang ingin mengikuti lomba ini telah dibuka dari 5 Agustus sampai 15 Oktober yang dibagi menjadi 2 batch yaitu dari 5 Agustus sampai 25 Agustus dan dari 26 Agustus sampai 15 Oktober. Lomba ini bertujuan untuk merebutkan uang pembinaan yang akan di dapatkan oleh hanya peringkat 3, 2, dan 1. Lomba ini memiliki beberapa sub tema yang bisa di pilih, tema tema tersebut meliputi IPTEK, Pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, pertahanan & pangan, energi terbarukan, dan teknologi digital. Atma Jaya membawa 2 tim untuk mengikuti lomba ini dan kedua tim tersebut masuk sebagai finalis. 2 tim itu adalah tim THINKERS yang beranggotakan Harsha Dewanand Shrivais, Marchelina Chyntia, dan Redempta Aurelia Mentari, dan tim JENDARE yang beranggotakan Esmeralda Ida Romauli, Jane Alfreda Purba, dan Regina Fortunata Salim.

Tim THINKERS mengambil sub tema energi terbarukan untuk dilombakan. Barang yang dibuat adalah Power Bank anti air yang memiliki sumber energi dari matahari.

Untuk tim JENDARE mengambil sub tema Pendidikan sebagai materi yang dilombakan. Tim ini membuat aplikasi bernama B-Hoon yaitu aplikasi tes potensi diri berbasis games interaktif dan video animasi yang merekomendasikan informasi jurusan.
Pada tanggal 22 November 2019, semua finalis diharuskan mempresentasikan produk yang dibuat masing masing tim yang selanjutnya akan dinilai untuk mendapatkan juara dari perlombaan ini. Hasil yang didapatkan adalah tim JENDARE mendapatkan posisi juara pertama sedangkan tim THINKER mendapatkan urutan ke 4. Kesan dan pesan yang bisa kita dapatkan dari tim JENDARE:
Alasan ikut lomba, ingin punya target pencapaian berupa pengalaman dan prestasi, dan pastinya INDTENTION jadi salah satu pilihan lomba dengan tema SGDs yang berbeda dg lomba keilmuan TI lainnya (lebih ke teori). Persiapan lomba ini lebih ke teamwork (kerjasama) dan niatan satu tim supaya berhasil. Kalau mata kuliah yg termasuk dalam lomba ini ada inovasi, p3produk, kontek, manajemen marketing, dan enterpreneurship. Lomba INDTENTION ini cukup menarik, disamping kalian bs menuangkan ide, kalian juga bisa belajar softskill utk bekerja sama antar tim dalam mempersiapkan lomba pembuatan produknya. Pesan kami, "Jangan takut berlomba, tunjukkan kualitas, dan buat bangga nama kampus kalian"
Selain itu, kami juga sudah wawancara dengan tim THINKERS:
Apa yang harus kalian persiapkan dalam presentasi?
Yang pasti kesiapan tentang materi dari segi landasan materi dan spesifikasi secara detail inovasi dari produk, dan bagaimana caranya  supaya inovasinya tersampaikan dengan baik kepada juri, yaitu salah satu caranya dengan presentasi yang menarik.

Hal hal dari teknik industri apa saja yang terpakai dan motivasi kalian ke mahasiswa lain
Yang terpakai mungkin karena kita kearah produk tentu dari segi ekonomi dan bahan baku material, ilmu-ilmu tersebut membuat kita dapat berpikir tentang material apa yang cocok, bagaimana perawatannya, apakah ada efek negatifnya atau kelemahannya, dan berpikir apakah untung menggunakan bahan itu.
Selamat kepada para perwakilan dan juga terima kasih karena telah mengharumkan nama Atma Jaya.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer